Beranda | Artikel
Jauhi Kesombongan - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 23 November 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Rekaman video: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. – Jauhi Kesombongan dari Buku Aktualisasi Akhlak Muslim

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Jauhi Kesombongan

Wahai saudaraku, kesombongan adalah akhlak tercela dan penyakit hati yang sangat berbahaya. Waspadalah, karena ia akan menyeret kita kepada kebinasaan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوّاً فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَاداً وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

“Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Qashash [28]: 83)

Ingatlah bahwa kemuliaan seseorang hanya diukur dari kadar ketakwaannya kepada Allah. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS Al-Hujurat [49]: 13)

Lantas, layakkah jika seseorang bersikap sombong serta membanggakan diri dengan kelebihan dunia yang ia miliki, sedangkan dunia itu sendiri terlaknat? Abu HUrairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Jauhi Kesombongan” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Jauhi Kesombongan

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/17282-jauhi-kesombongan-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/